RPP Selembar PAI & BP Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 SD/MI |
RPP Selembar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2020 Berdasarkan SURAT EDARAN NOMOR 14 TAHUN 2019 TENTANG PENYEDERHANAAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid adapun penyederhanaannya meliputi sistematika dan komponen yang terdiri dari tiga komponen inti RPP yaitu Tujuan pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SD N
Mata Pelajaran : PAI & BP
Kelas / Semester : IV / Ganjil
Materi Pokok : Q.S. al-Falaq
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit
Pertemuan ke : 1
Melalui model pembelajaran dengan menggunakan Problem Based Learning, peserta didik mampu : Mengetahui Q.S. al-Falaq dan al maun dengan baik dan benar, Membaca Q.S. al-Falaq dan al maun dengan tartil serta mampu Menulis kalimat-kalimat dalam al-Falaq dan al maun dan Menunjukkan hafalan Q.S. al-Falaq dan al maun dengan penuh rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.
2. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran:
a. Kegiatan Pendahuluan
Sintaks Aktivitas
Orientasi Peserta didik pada masalah
Terlampir
a. Sikap : Jurnal dan lembar observasi
b. Keterampilan : Lisan
c. Pengetahuan : Tes Tulis
*Catatan : Komponen lainnya sebagai pelengkap.
Nama Sekolah : SD N
Mata Pelajaran : PAI & BP
Kelas / Semester : IV / Ganjil
Materi Pokok : Q.S. al-Falaq
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit
Pertemuan ke : 1
Download juga: RPP 1 Lembar Matematika Kelas IV SD1. Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran dengan menggunakan Problem Based Learning, peserta didik mampu : Mengetahui Q.S. al-Falaq dan al maun dengan baik dan benar, Membaca Q.S. al-Falaq dan al maun dengan tartil serta mampu Menulis kalimat-kalimat dalam al-Falaq dan al maun dan Menunjukkan hafalan Q.S. al-Falaq dan al maun dengan penuh rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.
2. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran:
a. Kegiatan Pendahuluan
- Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
- Guru memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari
- Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
- Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
- Guru menyampaikan karakter dan penilaian yang akan dilaksanakan
Download juga: RPP 1 Lembar Matematika Kelas V SDb. Kegiatan inti (sintaks model pembelajaran)
Sintaks Aktivitas
Orientasi Peserta didik pada masalah
- Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi yang akan di pelajari dengan cara Mengamati lembar kerja, Foto/Video, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan Pengertian dan Membaca Q.S al-Falaq
- Guru memfasilitasi peserta didik untuk memahami masalah yang disajikan yaitu mengidentifikasi apa yang mereka ketahui, apa yang mereka perlu ketahui, dan apa yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan masalah terkait materi Pengertian dan Membaca Q.S al-Falaq
- Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan Diskusi dan saling tukar informasi terkait Pengertian dan Membaca Q.S al-Falaq
- Menyampaikan dan Mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang Pengertian dan Membaca Q.S al-Falaq
- Peserta didik menganalisa dan menyimpulkan masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran yang telah dilakukan tentang Pengertian dan Membaca Q.S al-Falaq
Download juga: RPP 1 Lembar Matematika Kelas VI SDc. Kegiatan penutup
- Peserta didik, dengan bimbingan guru, membuat kesimpulan.
- Guru melakukan refleksi hasil proses belajar yang telah dilaksanakan..
- Guru memberikan apresiasi kepada seluruh peserta didik yang telah bekerjasama dengan baik dalam kelompok.
- Guru memberikan evaluasi untuk mengukur ketuntasan PBM.
- Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada pertemuan berikutnya.
Terlampir
a. Sikap : Jurnal dan lembar observasi
b. Keterampilan : Lisan
c. Pengetahuan : Tes Tulis
*Catatan : Komponen lainnya sebagai pelengkap.
Download juga: RPP 1 Lembar Tematik Terpadu Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2020Dalam rangka membantu para rekan guru dalam membuat dan menyusun RPP 1 Lembar atau 1 Halaman berikut ini saya bagikan RPP 1 halaman Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2020.
- Download RPP 1 Lembar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1 SD/MI
- Download RPP 1 Lembar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 2 SD/MI
- Download RPP 1 Lembar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 3 SD/MI
- Download RPP 1 Lembar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 4 SD/MI
- Download RPP 1 Lembar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 5 SD/MI
- Download RPP 1 Lembar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 6 SD/MI