Sabtu, 04 Januari 2020

Pembelajaran 5 Subtema 4 Aku Suka Berkarya

Mengadakan Kegiatan Amal. Hari ini di perpustakaan SD Nusantara terlihat sangat ramai. Ada banyak anak-anak berkumpul di sana. Siti dan teman-teman sedang menerima sumbangan barang bekas. Barang bekas akan digunakan untuk kegiatan amal. SD Nusantara berencana mengadakan kegiatan penjualan barang bekas. Barang bekas tersebut harus masih bisa digunakan dan dijual dengan harga murah. Barang bekas dikumpulkan dari semua siswa SD Nusantara.

Selain barang bekas, mereka juga mengumpulkan buku bekas. Buku bekas akan dikirimkan ke sekolah atau tempat yang membutuhkan.

Siti dan teman-teman bekerja secara bergantian. Mereka mencatat dan mengumpulkan barang yang
diterima. Mereka juga membantu mempersiapkan semua keperluan kegiatan amal dengan baik.

Mereka juga selalu berdiskusi untuk mempersiapkan kegiatan agar berjalan dengan baik.
Kegiatan berbagi dengan sesama yang membutuhkan merupakan kegiatan yang sangat baik. Kegiatan ini menunjukkan sikap kepedulian terhadap sesama, gotong royong, dan saling menolong.

Ayo Berdiskusi
Diskusikan bersama temanmu. Carilah contoh sikap pengamalan sila Pancasila yang sesuai dengan bacaan tersebut!
NoSila PancasilaContoh Sikap
1Sila pertama
Ketuhanan yang Maha Esa
Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa.
2Sila kedua
Kemanusiaan yang adil dan beradab
Menolong teman yang sedang mengalami kesusahan
3Sila ketiga
Persatuan Indonesia
Bekerja sama dan saling menolong
4Sila keempat
Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
Mendamaikan teman yang sedang berselisih
4Sila kelima
Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Membagi tugas secara adil kepada
semua anggota kelompok

Diskusikan sikap yang dapat kamu lakukan untuk mengamalkan sila kedua Pancasila! Sampaikan hasil diskusi kepada teman-temanmu yang lain!

Ayo Berlatih
Berikut ini adalah data banyaknya sumbangan buku dalam waktu satu minggu.
NoHariBanyak sumbangan buku
1Senin20
2Selasa14
3Rabu4
4Kamis10
5Jumat8
6Sabtu12

Pembuatan diagram akan menggunakan tanda ⊕ Setiap satu tanda ⊕ mewakili 2 buah buku. Tanda ⊕⊕berarti ada 4 buah buku. Tanda ⊕⊕⊕ berarti 6 buah buku.

Diagram akan digambar seperti berikut ini!
Jawablah pertanyaan berikut sesuai diagram yang tersedia!
  1. Berapa banyak buku sumbangan yang diterima pada hari Jumat? (8 buah)
  2. Berapa banyak buku sumbangan yang diterima pada hari Sabtu? (12 buah)
  3. Hari apakah terdapat buku sumbangan paling banyak?(senin 20 buah)
  4. Hari apakah terdapat buku sumbangan paling sedikit? (Rabu 4 buah)
  5. Berapa banyak perbedaan buku sumbangan pada hari Rabu dan Sabtu?(8 buah)
  6. Berapa banyak perbedaan buku sumbangan pada hari Senin dan Selasa?(6 buah)
  7. Berapa banyak perbedaan buku sumbangan pada hari Kamis dan Jumat?(2 buah)
  8. Berapa banyak buku sumbangan dari hari Senin sampai Selasa?(34 buah)
  9. Berapa banyak buku sumbangan dari hari Senin sampai Rabu?(38 buah)
  10. Berapa banyak buku sumbangan dari Senin sampai Sabtu?(68 buah)

Buatlah diagram dengan menggunakan data berikut ini! Gunakan tanda ☆ untuk mewakili setiap 5 orang!
NoNama Barang BekasBanyak sumbangan buku
1Mainan bekas15
2Sepatu bekas35
3Buku bekas40
4Baju bekas55

Gambarkan data dalam tabel berikut!
 Hari ini di perpustakaan SD Nusantara terlihat sangat ramai Pembelajaran 5 Subtema 4 Aku Suka Berkarya
Siti dan teman-teman berlatih membuat denah untuk lokasi kegiatan amal. Mereka berencana melaksanakan kegiatan di lapangan upacara.

Ada tiga meja untuk menjual mainan bekas. Semua meja penjualan mainan bekas menghadap ke arah
barat.

Ada tiga meja untuk penjualan sepatu bekas. Semua meja penjualan sepatu bekas menghadap ke arah timur.

Ada empat meja untuk penjualan buku bekas. Semua meja penjualan buku bekas menghadap ke arah selatan.

Ada lima meja untuk penjualan baju bekas. Semua meja penjualan buku bekas menghadap ke arah utara.

Buatlah denah berdasarkan informasi tersebut!
 Hari ini di perpustakaan SD Nusantara terlihat sangat ramai Pembelajaran 5 Subtema 4 Aku Suka Berkarya
Andaikan kegiatan tersebut dilakukan di sekolahmu. Jelaskan beberapa hal berikut! Di mana kegiatan akan dilakukan? (Kegiatan dilakukan di halaman sekolah) Jelaskan arah perjalanan dari gerbang sekolah menuju tempat kegiatan amal! (Dari gerbang sekolah berjalan ke arah barat )